Dear all,

Salam, Selamat Pagi, Good Morning, Gutten Morgan

Dua bulan yang lalu, Kami (Saya dan sekeluarga) kedatangan tamu (kawan lama) dari Bandung….

Kawan kami ini bergerak dibidang jasa dan produksi terutama hal-hal yang terkait dengan Telekomunikasi…

Para Surfer dapat mengunjungi di http://pinisi-elektra.com, Kawan kami ini berupaya memajukan Indonesia, dengan berkarya dalam manufacture/ produksi alat-alat yang berhubungan dengan Telekomunikasi serta Jasa Telekomunikasi (Karya Anak Negri==> Begitu MOTTO-nya)…..

Pada suatu malam, salah satu kawan memberikan semacam hitung-hitungan atau teka-teki terkait Matematika. Mulanya saya ragu jangan-jangan dikerjain lagi nih….tapi ketika memulainya hmmm..hmmm.. ternyata ada filosofi dibaliknya…Ternyata Matematika yang selama ini kita kenal sebagai bidang mutlak ternyata tidak selamanya Mutlak….

Sepertinya Masih kuat Hukum Kekekalan Energi…bahwasanya jumlah (terkait nilai) energi tetap hanya wujud/ bertuknya saja yang berpindah atau berubah.

Hal ini diperkuat dengan minggu lalu, kami nonton film dengan judul OXFORD MURDER….Walaupun semua pergerakan memiliki pola baik beraturan maupun acak/ random (ex: hujan, salju, etc)…masih saja banyak hal yang tidak mesti mutlak….

Berikut Contoh, bahwa sesuatu tidak mesti mutlak (dilihat dari fungsi/ cara/ teorema  ==> bukan dari hasil, namun PROSES)

1.                  X =       X

2.         X-X      =       X-X

3.      X2 – X2 =       X2 – X2

4.    X (X-X)    =       (X+X) (X-X)

5.    X  (X-X) =       (X+X)  (X-X) …….Sesuai dengan Teori

6.               X   =       X+X

7.               X   =       2X  ???????

Resume bahwa Langkah 1 Tidak SAMA dengan Langkah 7


Terimakasih buat Bang Erwin Samosir (hingga tulisan ini ada…sorry bang dicopy)

Salam

br/ IWS